Adakan FGD di Babel, BKPM Cari Potensi dan Peluang Investasi Daerah

By F3RX 22 Mei 2019, 22:53:20 WIB Berita
Adakan FGD di Babel, BKPM Cari Potensi dan Peluang Investasi Daerah

Pangkalanbaru--Badan Koordinasi Penanaman Modal mengadakan Focus Group Discussion ( FGD) peta potensi dan peluang investasi  di Bangka Belitung, daerah yang ingin mereka gali untuk didaerah Bangka Belitung ini sendiri yakni Kabupaten Bangka Tengah yang dilaksanakan di Hotel santika pada Selasa (21/05/2019).

Menurut Kasubdit Primer dan Tersier  Pengembangan Potensi daerah BKPM, Wing Parikesit  kegiatan ini bermaksud  untuk menyedikan data dan informasi potensi dan peluang investasi melalui diskusi yang perumusan terkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui  metode analisa yang terpadu, lengkap, dan akurat seperti lokasi, ketersediaan lahan, ketersediaan bahan baku, sarana dan prasara, tata ruang serta data terkait lainnya yang relevan.

“ Kita memberikan kemudahan bagi publik khususnya calon investor dalam menentukan pilihan dari berbagai alternative peluang usaha yang ada di suatu daerah di Indonesia dengan berbagai keunggulannya”. Ungkap Wing

Lebih jauh Wing menjelaskan, Kegiatan ini lebih detail membahas masukan dan aspirasi daerah misalnya seperti alasan mengusulkan investasi pada sektor yang dipilih, dan apakah sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Bangka Tengah, serta mendata infrastruktur yang ada seperti jalan masuk papan infromasi dan wc umum, dan bagaimana akses menuju wisata ini.

Adapun tahapan dalam penentuan potensi peluang investasi yang akan dijalankan untuk kedepannya akan melaui proses kajian awal yang berupa kajian dokumen yang relevan, arahan kebijakan BKPM dan melaksanakan FGD awal, dilanjutkan dengan tahapan analisis yang akan menggunakan analisis LQ, RCA, AHP, SWOT dan analisis kelayakan investasi yang diakhiri dengan konfirmasi berupa peluang investasi Kabupaten Bangka Tengah.

“ Untuk melakukan pemilihan potensi peluang investasi daerah Kabupaten Bangka tengah, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan seperti kebutuhan investasi, ketersediaan infrastruktur, keberlanjutan usaha investasi, dampak pada ekonomi daerah serta nilai ekonomi investasi” . Papar Wing

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perryanis menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh BKPM pusat ini dan diharapkan kedepannya kegiatan ini tidak hanya di Bangka Tengah melainkan dapat dilaksanakan dikabupaten lain.

“ Kami menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di Provinsi Bangka sebagaimana diamanatkan oleh Bapak Gubernur kita untuk dapat megadakan kegiatan yang berskala nasional, hal ini dilakukan untuk memperkenalkan daerah kita sekaligus untuk pergerakan ekonomi ”. Ungkap Perryanis

Gambaran umum ini perlu untuk memberikan informasi kepada investor akan peluang investasi yang ada di Bangka Belitung.

Sementara Kepala DPMPTK Kabupaten Bangka Tengah, Hj Kartina mengatakan untuk potensi investasi daerah Bangka Tengah ada beberapa yang diajukan seperti KEK Tanjung Gunung, Kulong Biru, Gaharu, Budidaya Perikanan tambak undang vaname, kawasan strategis ekonomi sektor industry Tj Berikat untuk pelabuhan , air terjun bukit sadap, dan perkebunan sawit terintegrasi dengan peternakan sapi.

Penulis: 

Evani (Pranata Humas)

Sumber: 

Humas DPMPTSP




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment