Bupati Bateng Monitoring Siswa Pelatihan Kerja Asal Bateng di BBPLK Bandung

By F3RX 05 Agu 2019, 20:28:32 WIB Berita
Bupati Bateng Monitoring Siswa Pelatihan Kerja Asal Bateng di BBPLK Bandung

Bandung – Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M bersama Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Bangka Tengah, Hj. Kartina, SH, M.Si, melakukan kunjungan dalam rangka monitoring siswa dari Bangka Tengah (Bateng) yang sedang mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bandung, pada Sabtu (3/8/2019) disambut hangat oleh Plt. Kepala BBLPK Tuti Haryanti, S.T, M.Si. Bertempat di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, sebanyak 15 siswa yang merupakan perwakilan dari Simpangkatis, Lubukbesar, Sungaiselan, Namang dan Koba mengikuti pelatihan yang dilaksanakan dari 19 Juli sampai dengan 14 Agustus 2019 mendatang.

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang berbasis kompetensi dengan standar nasional. Semua biaya pelatihan ditanggung oleh APBN melalui dana Kementerian Tenaga Kerja. Perekrutan diambil dari masyarakat pencari kerja dengan cara penyebarluasan informasi melalui Kades/Lurah, medsos, media elektronik juga selebaran seperti leaflet. Para peserta yang dikirim ini melalui seleksi dan sesuai dengan keinginan mereka, memilih jurusan mana yang akan diikuti.

Dalam kunjungannya, Bupati Bangka Tengah memberikan pengarahan sekaligus motivasi kepada siswa pelatihan. Ia berharap agar para siswa dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya. Ketika pulang ke Bateng, diharapkan para peserta dapat menerapkan ilmu yang sudah didapat. Ibnu berjanji akan memberikan bantuan peralatan melalui dana APBD Bateng Tahun 2020 dan memfasilitasinya melalui dana CSR.

Pelatihan berbasis kompetensi ini diadakan oleh 5 Balai Besar di Indonesia, masing-masing balai besar ini membina UPTD Balai Latihan Kerja di Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Adapun 5 BBPLK tersebut yaitu BBPLK Bandung (kejuruan otomotif, teknis manufaktur dan refrigeration), BBPLK Bekasi (kejuruan pariwisata, refrigeration, teknis informasi, komunikasi dan elektronika), BBPLK Serang (kejuruan las industri dan listrik), BBPLK Semarang (kejuruan fashion teknologi dan bisnis manajmen), BBPLK Medan( kejuruan pariwisata dan bangunan). Pada kesempatan kali ini, para siswa terlebih dahulu dikirim ke BBPLK Bandung. Untuk ke depannya masyarakat pencari kerja akan dikirim ke 5 BBPLK di atas.

Dihimbau kepada masyarakat pencari kerja agar dapat memanfaatkan kesempatan seperti ini untuk mendaftar baik melalui aplikasi Informasi Bursa Kerja Online atau website www.ayokitakerja.kemnaker.go.id maupun melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bateng. Adapun syarat-syarat pendaftaran pelatihan yang dapat dipersiapkan adalah sebagai berikut: 1. Laki laki/Perempuan; 2. Usia minimal 15 tahun; 3. Photocopy KTP/KK; 4. Photocopy Ijazah terakhir (jika ada); 5. Pas foto ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar; 6. Surat Keterangan Sehat Dokter dari puskesmas. (WEE&DPMPTK/APJ/Foto: DPMPTK)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment